LOKAKARYA KURIKULUM


LOKAKARYA KURIKULUM


Sukabumi, 15 Pebruari 2015

Dalam rangka Millad Ke-II, Prodi PGSD melaksankan serangkaain kegiatan, dimana kegiatan pertama ini dibuka dengan kegiatan LOKAKARYA KURIKULUM dengan Pemateri : Prof.Udin Syaefudin Sa’ud M.Ed., Phd dan Kepala dinas Pendidikan Kota Sukabumi Drs. Dudi Fathul Jawad , M.Pd yang bertemakan "memperkuat guru SD Profesional yang berkarakter serta berakhlakul karimah”

Kegiatan ini di hadiri langsung oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Sukabumi bapak Drs. Sakti Alamsyah, M.Pd , Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bapak Drs. H. Harlasgunawan Ap.,M.Pd dan juga Ketua Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Astri Sutisnawati, S.Pd, M.Pd

Mengacu kepada tema yang di ambil, Menurut Prof.Udin Syaefudin Sa’ud M.Ed., Phd Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) adalah kerangka penjenjangan kualifikasi dan kompetensi tenaga kerja Indonesia yang menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan sektor pendidikan dengan sektor pelatihan dan pengalaman kerja dalam suatu skema pengakuan kemampuan kerja yang disesuaikan dengan struktur di berbagai sektor pekerjaan. KKNI merupakan perwujudan mutu dan jati diri Bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan nasional, sistem pelatihan kerja nasional serta sistem penilaian kesetaraan capaian pembelajaran (learning outcomes) nasional, yang dimiliki Indonesia untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang bermutu dan produktif.

KKNI merupakan sistem yang berdiri sendiri dan merupakan jembatan antara sektor pendidikan dan pelatihan untuk membentuk SDM nasional berkualitas dan bersertifikat melalui skema pendidikan formal, non formal, in formal, pelatihan kerja atau pengalaman kerja. Jenjang kualifikasi adalah tingkat capaian pembelajaran yang disepakati secara nasional, disusun berdasarkan ukuran hasil pendidikan dan/atau pelatihan yang diperoleh melalui pendidikan formal, nonformal, informal, atau pengalaman kerja seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1. KKNI terdiri dari 9 (sembilan) jenjang kualifikasi, dimulai dari kualifiaksi 1 sebagai kualifiaksi terendah hingga kualifikasi 9 sebagai kualifikasi tertinggi.

Setiap sektor dan jenjang pada KKNI memiliki deskriptor masing-masing. Deskriptor pada KKNI terdiri atas dua bagian yaitu deskripsi umum dan deskripsi spesifik. Deskripsi umum mendeskripsikan karakter, kepribadiaan, sikap dalam berkarya, etika, moral dari setiap manusia dan berlaku pada setiap jenjang. Sedangkan deskripsi spesifik mendeskripsikan cakupan keilmuan (science), pengetahuan (knowledge), pemahaman (know-how) dan keterampilan (skill) yang dikuasai seseorang bergantung pada jenjangnya.

 

Drs. Dudi Fathul Jawad , M.Pd menyatakan bahwa sekolah dasar merupakan jenjang paling dasar pada pendidikan formal di Indonesia. Sekolah dasar ditempuh dalam waktu 6 tahun, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Sekolah dasar diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta. Sejak diberlakukannya otonomi daerah pada tahun2001, pengelolaan sekolah dasar negeri (SDN) di Indonesia yang sebelumnya berada di bawah Departemen Pendidikan Nasional, kini menjadi tanggung jawab pemerintah pendidikanan kota /  kab. Sedangkan Departemen Pendidikan Nasional hanya berperan sebagai regulator dalam bidang standar nasional pendidikan. Secara struktural, sekolah dasar negeri merupakan unit pelaksana teknis dinas pendidikan kabupaten/kota.

Guru sekolah dasar harus memiliki budi pekerti dan ahklak yang baik karena seorang guru akan di gugu dan ditiru oleh peserta didiknya. Dan tugas seorang guru yaitu untuk mendidik peserta didiknya menjadiberkarakter. Dan mampu mengubah perilaku peserta didik kearah yang benar.

Semoga, dengan kegiatan lokakarya kurikulum ini memberikan pencerahan kepada para tamu undangan, peserta yang sudah hadir di kegiatan ini, khususnya masiswa/i PGSD Universitas Muhammadiyah Sukabumi untuk lebih semangat lagi dalam mencetak dan membentuk karakter peserta didik di jenjang Sekolah Dasar.


  Artikel Terkait



0 Komentar

Masukan Komentar Anda

Dilarang berkomentar dengan isi SARA, Pornografi, kekerasan, komentar akan terlebih dahulu di filter/periksa oleh Administrator AIK UMMI. bila ada komentar sesuai dengan pelanggaran tersebut. Komentar akan langsung Admin HAPUS. Terima kash atas kunjungannya

Forum Diskusi Online

Anda bisa berdiskusi seputar Pendidikan Guru Sekolah Dasar Disini

~Admin~